Selasa, 10 April 2018

KONSEP DASAR TEKNOLOGI TERAPAN DAN TEPAT GUNA DALAM PELAYANAN KEBIDANAN

Image result for teknologi




A.   KONSEP TEKHNOLOGI TEPAT GUNA
Teknologi atau pertukangan memiliki lebih dari satu definisi. Salah satunya adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi mulai sebelum sains dan teknik. Kata teknologi sering menggambarkan penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik yang baru ditemukan.
Teknologi tepat guna adalah yang teknologi yang cocok dengan kebutuhan masyarakat sehingga bisa dimanfaatkan. Biasanya dipakai sebagai istilah untuk teknologi yang tidak terlalu mahal, tidak perlu perawatan yang rumit, dan penggunaannya ditujukan bagi masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi. Teknologi tepat guna adalah teknologi yang didesain dengan mempertimbangkan aspek lingkungan, etik budaya, sosial, dan ekonomi bagi komunitas.
Dalam pengembangan sebuah teknologi, prinsip dasar yang harus diutamakan oleh para pereka-cipta adalah bahwa teknologi yang disampaikan kepada penguna harus sesederhana mungkin, walaupun proses perekayasaanya sangat rumit, lama, dan mahal. Teknologi tepat guna yang dikembangkan di masyarakat juga harus dipilih teknologi yang dapat bertumpu pada sumberdaya yang ada, baik sumberdaya alam maupun sumberdaya manusianya. Pendeknya teknologi yang dekat dengan sumberdaya, akrab dengan lingkungan, budaya dan kondisi masyarakat penggunanya. Oleh karena itu, Teknologi Tepat Guna (TTG) seharusnya memunculkan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah, murah serta menghasilkan nilai tambah baik dari aspek ekonomi maupun lingkungan hidup. Pendayagunaan TTG secara optimal akan dapat terwujud bila ada alih teknologi dari pencipta atau pemilik TTG kepada masyarakat pengguna TTG.
Teknik Teknologi Tepat Guna (TTG) adalah:
1.    Modifikasi proyek atau program TTG, sumberdaya yang akan dinilai atau dimonitoring.
2.    Preview tujuan program tersebut
3.    Berdasarkan tujuan, identifikasi dan seleksi indikator yang akan dinlai atau dimonitoring

4.    Tetapkan unit penelitian pada setiap indikator

  1. PENGGUNAAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA DALAM KEBIDANAN
1.    Fetal Doppler adalah merupakan alat yang digunakan untuk mendeteksi denyut jantung bayi, yang menggunakan prinsip pantulan gelombang elektromagnetik,  alat ini adalah sangat berguna untuk mengetahui kondisi kesehatan janin, sangat disarankan untuk dimiliki dirumah sebagai deteksi harian, selain aman juga mudah dalam penggunaannya serta harga yang sangat terjangakau untuk dimiliki
       Image result for Fetal doppler Sunray

2.    Staturmeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tinggi badan, alat  ini adalah sangat sederhana pada disainnya karena hanya ditempelkan pada tembok bagian atas dan ketika akan digunakan hanya perlu untuk menariknya sampai ke bagian kepala teratas, sehingga dapat diketahui tinggi badan orang tersebut.
      Image result for Staturmeter

3. Eye Protector Photo Therapy adalah alat bantu yang digunakan untuk melindungi bagian mata bayi pada saat dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan sinar X-ray atau jenis pemeriksaan lain yang menggunakan media sinar agar tidak menggangu pengelihatan bayi yang akan diperiksa.
     Image result for Eye Protector Photo Therapy

4.   Alat Pengukur Panjang Bayi adalah merupakan peralatan sederhana yang biasa digunakan oleh bidan dan petugas posyandu, untuk mengetahui perkembangan tinggi bayi dari waktu ke waktu, terbuat dari kayu dengan mistar yang mudah dibaca.
     Image result for Alat Pengukur Panjang Bayi

5.    Breast Pump
Biasa digunakan oleh para ibu yang berkarier diluar rumah, agar ASI tidak terbuang dengan percuma, sehingga bayi tetap bisa mendapatkan ASI dari bundanya.
 Related image




6.    Lingkar Lengan Ibu Hami
 Image result for 6. Lingkar Lengan Ibu Hamil
Adalah tanda yang digunakan untuk mempermudah menidentifikasi bayi dan bundanya, pada umumnya dipakaikkan pada bayi dan bundanya di rumah sakit bersalin.

7.    Reflek Hammer / Reflek Patela sejenis hammer yang dilapisi dengan karet  yang digunakan untuk mengetahui respon syaraf  dari anggota tubuh biasanya kaki.
Image result for 7. Reflek Hammer / Reflek Patela


8.    Umbilical Cord Clem Nylon
adalah merupakan alat yang digunakan untuk menjepit tali pusar bayi sesaat setelah bayi dilahirkan

 Image result for 78. Umbilical Cord Clem Nylon


9.    Tourniquet adalah alat bantu yang digunakan untuk sarana pendukung pada pengambilan darah, pada umumnya dilingkarkan pada lengan tangan saat akan dilakukan pengambilan darah, agar darah bisa lebih mudah untuk di ambil.
Related image

REFERENSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KONSEP DASAR TEKNOLOGI TERAPAN DAN TEPAT GUNA DALAM PELAYANAN KEBIDANAN

A.    KONSEP TEKHNOLOGI TEPAT GUNA Teknologi atau pertukangan memiliki lebih dari satu definisi. Salah satunya adalah pengem...